RSS

>Perangkat Lunak

12 Jun

>1.8. Perangkat Lunak

1.8.1 Compiler MIDE Studio

M-IDE Studio adalah salah satu cara yang digunakan untuk menjalankan kompilasi untuk divais MCS-51. M-IDE Studio mempunyai beberapa fitur yang dapat digunakan untuk edit, compil, dan debug file.
The M-IDE Studio juga dapat digunakan untuk menulis program dalam bahasa C. Dengan menggunakan software ini, maka kita dapat melihat error pada report file LST.

Gambar 1.19. M-IDE Studio

Bila anda perhatikan pada menu toolbar dan menu pilihan, tampak terlihat disable. Hal ini karena file belum dibuat. Untuk membuat sebuah file, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Membuat File Baru
Untuk membuat file baru, klik pada menu File atau short cut seperti yang ditunjukkan pada gambar, sehingga akan tampak halaman kosong.

Figure 1.20. File baru dengan halaman kosong

2. Menulis sebuah program
Tulis program assembly pada halaman kosong, dan lakukan penyimpanan file. Bila file telah tersimpan maka akan tampak teks instruksi yang berwarna-warni. Sebagaimana yang ditunjukan pada gambar 3.

Gambar 1.21 Menu penyimpanan file

3. Kompilasi
Agar file dengan ekstensi ASM tersebut dapat diloadkan ke mikrokontroller, maka perlu dilakukan kompilasi dari file ASM ke HEX.

Gambar 1.22 Kompilasi file

4. Debug

Gambar 1.23 Debug file

1.8.2. Microcontroller Software ISP PROG V1.4,

Sangat disayangkan sekali, bahwa keberadaan LPT pada sebuah computer, terutama pada notebook, sudah sangat jarang terlihat, padahal keinginan untuk belajar mikrokontroller sudah tidak bisa ditahan lagi, sehingga kebutuhan sebuah programmer sangat mutlak sangat diperlukan. Pembuatan programmer dengan menggunakan port serial dapat digunakan sebagai alternative untuk melakukan pemrograman ke mikrokontroller, dan keberadaan port serial ini dapat tergantikan dengan menggunakan konverter USB to RS232, apabila di pc atau notebook anda tidak tersedia port serial RS232. Dengan harga yang sangat terjangkau. Berikut merupakan skamatik dari sebuah website yang sangat berguna sekali, 8052.com

Pada gambar tersebut tampak hanya diperlukan tiga buah kabel yang menghubungkan dari port serial RS232 ke rangkaian programmer. IC AT89c2051 dapat digantikan dengan AT89s2051, ic tersebut merupakan saudara dari 89s51 dengan pin dan ROM yang lebih sedikit, tetapi dengna kemampuan yang tidak kalah hebat. IC ini sesungguhny hanya berfungsi sebagai konverter dari data serial menjadi data parallel, sehingga dapat digunakan untuk melakukan pemrograman secara ISP ke rangkaian target.

1. Buat rangkaian programmer ISP serial sesuai dengan gambar berikut

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Sabtu, Juni 12, 2010 in Uncategorized

 

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: